Saturday 30 July 2011

Interview BVRTAN : BLACK METAL AGRARIS

Photobucket


BVRTAN: BLACK METAL AGRARIS


Tanah Indonesia yang kaya dan subur telah memikat sebuah band asal Svkatani, Cimanggis, Depok, bernama Bvrtan (singkatan dari Buruh Tani) untuk berkarya dan menyuarakan kembali jargon lama gemah ripah loh jinawi. Band ini memang terlalu banyak menggunakan tanda baca bergaya Skandinavia dalam setiap aktivitasnya (huruf U yang diganti V) untuk menambah kesan Nordik yang beberapa tahun belakangan ini dianggap cult oleh para hipster.

Di awal tahun 2011, Bvrtan merilis debut mini album mereka berjudul Pemuja Sawah Tebu dengan mengikuti corak akar black metal yang primitif, thrashy, dan lo-fi. Debut mini album yang berisi lima lagu dengan metafora panen dan tengkulak ini dirilis oleh netlabel Yes No Wave, sedangkan versi CD-R-nya dirilis oleh Lumbung Angker Records sebanyak 66 keping saja dengan bonus cover song dari Darkthrone, “Kathaarian Life Code” (EP kedua mereka berjudul Koperasi Kegelapan juga memuat nomor "Kathaarian Life Code" dalam versi akustik).

Mereka mengklaim band-nya sebagai Trve, Grim, Kvlt, Vn-Gay Svkatani Blak Metal yang dibaptis oleh Darkthrone (yang terkenal karena produksi minimalis dan berfidelitas rendah) dan memiliki misi untuk meluruskan kembali definisi black metal yang kadang diterjemahkan hanya sebatas gothic dengan vokal perempuan dan keyboard.


Photobucket


Interview Bvrtan :

1.
XYZ : Bisa ceritakan konsep awal Bvrtan? Dan kenapa memilih Black Metal
sebagai kendaraan propaganda?

Kvli Arit : Konsep awalnya adalah kejenvhan saya akan semakin trendi nya mvsik metal, dan saya memilih Black Metal karena Black Metal mervpakan konsep terjvjvr dalam dvnia metal, dalam attitude mavpvn sovnd nya, lagi pvla masih jarang ditemvi konsep bermain Black Metal secara Trve di sini, yang kami mainkan adalah TRVE PRIMITIVE BLACK METAL WITHOUT KEYBOARD AND FEMALE VOICES!!!

Pak Kades : Belajar explorasi dengan pendekatan seadanya dengan kemampvan kapasitas kita sendiri. Vntvk menjadi yg lebih Vn-GAY lagi.


Photobucket


2.
XYZ : Bagaimana menurut kalian tentang black metal yang dijadikan tren
fashion saat ini?

Kvli Arit : Saya belvm melihat adanya trend Black Metal di sini, kami ada pvn
bvkan vntvk mengangkat trend Black Metal, hanya memvaskan hasrat kami dalam memainkan Mvsik Black Metal, selama di Bvrtan ini saya memiliki teman-teman barv yang saya nilai sangat atav bahkan lebih teredvkasi dari saya dalam dunia Black Metal, dan sebenarnya saya pvn merasa takjvb mengetahui bahwa para Black Metalers yang saya temvi adalah mereka para kolektor audio dalam bentvk fisik, berbeda dengan aliran mvsik tetangga yang sedang trendy hanya sekedar mengvmpvlkan kaos vntvk dipamerkan pada event2 mvsik.

Pak Kades : Fashion??? Fashion??? Hahhahaaa biarlah mereka terbvka
sendiri jalan pikiran sesuai dengan keadaan zaman.


Photobucket


3.
XYZ : Kenapa kalian mengusung nuansa agrikultur? Apakah ada kesamaan
dengan band-band Norway yang juga mengusung citra alam?

Kvli Arit : Betvl sekali, saya terinspirasi dari band2 Norway yang dengan bangga
mempromosikan keadaan alam mereka di sana, kebetvlan tempat saya tinggal jvga memang di Svkatani, pinggiran Depok, dan pinggiran kota Jakarta, lirik ditvlis dari pengamatan saya terhadap tempat tinggal saya yang memang masih memiliki kebvn singkong yang lvas, dan savvah yang ditanami berbagai macam tanaman, serta kolam pemancingan, kami pvn menvlis beberapa kritik sosial, karena inilah kenyataan yang ada di Negara ini, berbeda dengan Eropa, mereka rata-rata hidvp aman,nyaman, dan tentram.

Pak Kades : Secara pribadi saya sreg dengan nuansa alam dan hijaunya pohon2 di bumi pertiwi, dan juga kapasitas kami ya memang mampvnya mengvngkapkan alam sekitar kita dengan pedekatan yg realistis.


Photobucket


4.
XYZ : Bagaimana menurut kalian tentang paganisme, okultisme, dan
pembakaran gereja yang marak di Eropa? Bagaimana seharusnya dengan black metal di Indonesia?

Kvli Arit : Paganisme, Okvltisme adalah keyakinan, dan itv sah-sah saja vntvk saya, sedangkan pembakaran Gereja tergantvng dari sisi mana kita melihatnya ditambah dengan pandangan Bvdaya setempat, saya tidak akan saya setvjv mavpvn tidak dengan tindakan seperti itu, karena saya sadar dengan ke sensitivan Bvdaya kita dengan hal-hal seperti itu (pembakaran rvmah ibadah), akan tetapi melakvkan hal seperti itv sangat membutvhkan keberanian yang besar serta dedikasi atas keyakinan yang mereka jalani, vntvk itu saya angkat topi. Sedangkan Black Metal di Indonesia lebih baik melvrvskan kembali tentang definisi Black Metal, dan Black Metal bukanlah Gothic.

Pak Kades : Biarlah teman-teman Black Metal Indonesia mencari jatidiri mereka sesuai dengan pandangan dan keyakinan mereka. Semoga saja semakin marak untuk scene di Black Metal ini.


Photobucket


5.
XYZ : Apakah yang difoto di mekkah di facebook itu bener Pak Kades?

Kvli Arit : Yvp, betvl sekali, itv adalah beliav

Pak Kades : Iya betvl itv foto saya. kebetvlan saya berada disana karena kami terpaksa harvs menjadi TKI vntvk mervbah nasib masa depan kelvarga. Mengingat svhv perekonomian di Indonesia tervtama bagi level orang-orang seperti kami sangat svsah vntvk menjadi mapan. Dan kebetvlan jvga dengan moment seperti ini kami masih harvs mengejar materi EP 3 – Sartinem. Dimana kami diberi lagv secara official oleh band kawakan TAAKE dan kami segera menggarapnya dengan tema tentang kavm bvrvh migran yang terjadi disini. Kalian bisa download dari page kami kok vntvk mengetahvi bagaimana isi lagv2nya.


Photobucket


6.
XYZ : Kenapa kalian menutupi identitas kalian?

Kvli Arit : Apalah arti sebvah identitas? Bunga mawar akan tetap harvm meski disebvt dengan berbagai nama yang berbeda.

Pak Kades : Kami gak pernah bersembvnyi di balik ini semva. Teman-teman kami mengerti sekali siapa kami kok. Alamat base camp kami tvlis dengan lengkap, ada no HP dsb heheheee.


Photobucket


7.
XYZ : Oiya bagaimana bisa bermain music bersama Taake?

Pak Kades : Oh iya itu Kvli Arit menghubungi pihak managemen Taake kemudian mereka mengijinkan dan mengirim lagu oleh mereka sendiri secara official. jadi kita tidak bisa milih lagu-lagu mana yangg akan dibawain. Sempet kelabakan karena kita gak nyangka lagunya begitu rumit dan mendayu2 hahahaha.


Photobucket



8. XYZ : Lalu alasan memilih taake?

Pak Kades : itu Kvli arit memang suka akan band Taake, mungkin dari sisi musikalitas dari sisi ide band ini, produktifitasnya, dan penuangan ide itu mungkin yang memicu dia untuk memilih Taake.


Photobucket









Interview by
Adi Renaldi
Foto : Dokumentasi
BVRTAN





0 komentar:

Post a Comment