Thursday, 28 April 2011

A Tribute to Romo Sas

Photobucket


Photobucket


Diselenggarakan di Taman Budaya Yogyakarta pada Selasa 26 April 2011, event bertajuk Gelar Revitalisasi Tari Klasik Gaya Yogyakarta ini adalah sebuah tribute kepada KRT Sasminta Dipura yang dahulu lebih akrab dipanggil Romo Sas dalam rangka mengenang 15 tahun wafatnya.

Pagelaran ini menampilkan enam tari ciptaan Romo Sas, dimulai dengan tari "Untukmu Sang Guru", diikuti dengan "Golek Ayun-ayun", "Manggala Retna", "Klana Topeng", "Beksan Menak Putri", dan diakhiri dengan tari "Klana Alus Sumyar". Dalam acara ini diberikan pula penghargaan "Sasminta Mardawa Award" kepada RM. Dinu Satomo, seorang murid Romo Sas yang sangat gigih dalam berkesenian.

Acara ini diproduksi oleh Yayasan Pamulangan Beksa Sasminta Mardawa (YPBSM), sebuah yayasan yang diketuai istri alm. Romo Sas, Siti Sutiyah, semata-mata untuk menggelorakan semangat juang Romo Sas dalam berkesenian dan memperkenalkan kepada khalayak umum bahwa di Yogyakarta masih tersimpan sebuah kesenian adiluhung yang keberadaannya semakin terpuruk dewasa ini. Semoga antusiasme para penonton yang tak hanya terdiri dari para sesepuh tapi juga dari kaum muda, pelajar dan mahasiswa di malam pagelaran ini dapat menjadi awal yang baik untuk kelestarian budaya kita budaya Indonesia.


Photobucket


Photobucket


Photobucket


Photobucket


Photobucket


Photobucket


Photobucket


Photobucket


Photobucket


Photobucket


Photobucket



Text dan Foto :

0 komentar:

Post a Comment