Wednesday 19 January 2011

TROPIS /// SUBSONICS

Photobucket

TROPIS///SUBSONICS merupakan program pertunjukan musik selama satu minggu, workshop dan diskusi seputar bagaimana perbedaan musisi Indonesia dan Australia dalam penciptaan suara, lebih terfokus pada eksperimental dan pengembangan tradisi serta akan menjelajah berbagai perbedaan dalam suara dan juga gambar bergerak.

TROPIS///SUBSONICS mempersembahkan diskusi tentang The Art of Sampled Culture/Remix Culture bersama David Shea, workshop tentang Laser & Sound Oscillators using MAX/MSP bagi penggemar bahasa komputer (coding) bersama Robin Fox, pertunjukan musik yang menampilkan bagaimana suara dan gambar bergerak dapat bekerja bersama, Sound/Image/Image/Sound, puncak acara yang juga kolaborasi improvisasi musik, COBRA Mix & Match antara seniman Indonesia dan Australia, yang diadakan pada hari Sabtu, 5 Februari 2011, jam 19.30 di Yogya National Museum.

Program ini didukung oleh ASIALINK Performing Arts, Australia Council for the Arts, The Volcanic Winds Project, Jogya Nasional Museum, HONF, KUNCI Cultural Studies dan YES NO KLUB.

DISKUSI
Art of Sampled Culture/Re-Mix Culture
Selasa, 1 Februari, 16.00 WIB
KUNCI Cultural Studies Centre
Jl Nagan Lor, Kraton http://kunci.or.id/

David Shea
'Medium kolase elktronik memiliki sejarah, mengakar dalam mitologi dari berbagai kultur. Sikap, kepercayaan dan aksi dari seniman serta koneksi artis terhadap kehidupan politik, sosial dan ekonomi, dilahirkan secara langsung oleh kebudayaan mitos yang berada di tengah-tengah dari isu terkini bersama dengan teknologi baru dan segala bentuk baru dari sebuah seni. Pembicaraan ini akan memaparkan perbedaan di kebudayaan barat dan timur lalu mengaplikasikannya kedalam sejarah dari remaking (pembuatan kembali), re-using (pemakaian kembali), kolase dan memotong sebagian material (musik/suara) yang mucul dan ditemukan sebagai medium dari sebuah karya dari ekspresi budaya. Berbagai isu yang melingkari perbedaah ini, dijelajah dan diaplikasikan kedalam isu spiritual, sikap terhadap teknologi, kepemilikan terhadap meterial dan karya kolase dari hati saya akhir-akhir ini, semua ini merupakan isu moderen yang memiliki akar begitu dalam dan terus menerus menjadi penentu arah pengkaryaan di abad 21, seiring dengan perkembangan hubungan antara dunia timur dan barat, kuno dan moderen, elektronik dan natural saling berkomunikasi.' - David Shea

Pembicaraan unik dan menarik tentang 'sampling' (pemotongan musik/suara) dan kelayakan sumbernya akan dipaparkan dalam kultur sample David Shea. David akan membimbing para peserta dengan pendekatan untuk selalu menggunakan materal yang layak dengan konteks yang lebih luas secara dari berbagai isu filosofikal dan teoritikal di seputaran dunia remixing; dan ini akan ditempatkan pada kerangka dan sejarah seni mulai dari jaman Duchamp sampai kultur DJ.

David kini adalah dosen senior di the Centre for Ideas at the Victorian College for the Arts di Melbourne, Australia.

Berkolaborasi dengan KUNCI Cultural Studies Center

WORKSHOPS

Lasers and Sound Oscillators using MAX/MSP
Jumat, 4 Februari, 14.00 WIB
HONF Lab

Robin Fox
Robin Fox membuat dan menampilkan karya-karya audio-visual di seluruh dunia selama tujuh tahun terakhir ini. Karyanya mulai dari film dua dimensi dimana suara dapat menciptakan susunan cahaya geometris, sampai pada karya laser tiga dimensi dimana para penonton berdiri di dalam visual yang dihasilkan oleh suara. Karya pribadinya telah menjadi fitur di the Vancouver New Music festival, the Fri Resonans Festival di Trondheim, Norwegia dan the Mois Multi Festival, Quebec. Karyanya juga muncul dalam bentuk fotografi. Disamping itu dia juga tidak jarang bekerja dengan perusahaan tari di Australia untuk merancang panggung dan mengatur suara serta cahaya secara bersamaan.

Workshop yang akan dipimpin Fox akan memaparkan dan memperagakan bagaimana teknik untuk merubah suara menjadi gambar. Siapapun yang memiliki akses ke komputer dan Max/MSP atau PD bias mengikuti workshop ini, tapi meskipun tidak memilikinya Anda dapat belajar bagaimana system ini bekerja. Beberapa langkah demi langkah program dasar audio dan program visual akan membawa hasil yang sederhana namun interaktif dan efektif.

Peserta perlu membawa: Laptop dan dijalankan oleh Pure Data atau MAX/MSP
Perseta terbatas: 10 orang

Berkolaborasi dengan House of Natural Fibers

EVENTS

Sound/Image/Image/Sound
Kamis, 3 Februari, 19.30 WIB
TBY Gedung Sositet

David Shea
Robbie Avenaim & Oren Ambarchi
Robin Fox

Sound/Image/Image/Sound melihat berbagai sudut pandang musisi terhadap gambar bergerak. Dengan menggunakan berbagai instrumen dari drum kits yang dimodifikasi, suara yang dihasilkan dari sample, musik yang dihasilkan dari komputer, lampu laser, fog machines dan proyeksi video, para musisi berpengalaman ini akan memperlihatkan bagaimana musik dapat menyatu dengan gambar.

In collaboration with YES NO KLUB

COBRA Workshop
Sabtu, 5 February, 14.00 WIB
Jogya National Museum
Jl. Amri Yahya no.1 Wirobrajan
Buka ke Umum
http://www.youtube.com/watch?v=1m1pjR1AQbc

Workshop terbuka ini akan fokus kepada sistem yang ada dalam COBRA, salah satu permainan musik yang diciptakan di awal tahun 80an oleh musisi NewYork John Zorn. Pengajar yang akan menyampaikan adalah David Shea yang dulunya pernah satu panggung dengan anggota dari COBRA, dan sering memainkannya dengan musisi lain yang lalu membuatnya sangat dihormati dan terkenal di dalam sistem musik improvisasi dunia. Workshop ini terbuka untuk umum namun akan secara spesifik diajarkan kepada musisi yang diundang dan terlibat di dalam COBRA MIX AND MATCH NIGHT yang akan diadakan pada hari Sabtu, 5 Februari, jam 20.00, setelah workshop di Yogya National Museum.

TENTANG COBRA
Cobra adalah komposisi musik yang tidak pernah diluncurkan namun direkam dan dipertunjukkan berkali-kali oleh John Zorn yang terlahir sebagai sistem dengan peraturan yang sangat detail namun tanpa ada acara, game piece, untuk sebuah grup musik yang penuh pelaku improvisasi dan pembawa acara, sebelum terjadinya kelahiran tersebut. Zorn menyelesaikan Cobra pada 9 Oktober 1984. Komposisinya terdiri dari satu set penuh jeda yang dicatat pada kartu-kartu, dan peraturan-peraturan ditempatkan pada jeda-jeda tersebut dan kemudian mengarahkan para pemain apa yang harus dilakukan. Jumlah dari pemain, instrumentasi dan panjang dari satu permainannya adalah tidak terbatas. Karena tidak ada notasi musik tradisional dan para pemainnya berimprovisasi, tiap karya yang dihasilkan bisa jadi sangat berbeda dari satu penampilan ke penampilan yang lainnya.

Seperti petikan dari salah satu interview dari Zorn tahun 2004, dia mengatakan, “memilih untuk tidak mempublikasikan (atau bahkan menuliskan) peraturannya” dalam permainan ini, lebih peduli pada pentingnya instruksi personal. Meski demikian, fotokopi dari peraturan permainan ini tersebar diantara musisi internasional dan bahkan terdapat cetakan dari semua kategori jeda dalam bentuk buklet CD (silahkan lihat hasil rekaman)

Sumber dari Wikipedia

Berkolaborasi dengan YES NO KLUB

COBRA Mix and Match
Sabtu, 5 Februari, 20.00 WIB
Jogya National Museum
Jl. Amri Yahya no.1 Wirobrajan
http://www.youtube.com/watch?v=1m1pjR1AQbc

Rully (Ind)
Wukir Bambu (Ind)
Soni Irawan (Ind)
Danny Armada Racun (Ind)
Leilani Hermiasih (Ind)
David Shea (Aus/USA)
Robin Fox (Aus)
Oren Ambarchi (Aus)
Robbie Avenaim (Aus)
Tim O’Dwyer (Aus)
MC Ican Harem

Malam improvisasi dari musisi asal Indonesia dan Australia dengan struktur komposisi yang didasari oleh COBRA, salah satu permainan musik (musical game) yang dibuat oleh komposer dari Amerika, John Zorn. Musisi mengikuti beberapa instruksi dan sinyal yang menghasilkan langkah-langkah cepat sehingga tercipta struktur kompisisi yang kolaboratif dan penuh improvisasi.

Artis yang terlibat: David Shea (Mr Bungle, John Zorn), Oren Ambarchi (Sunn O))), Menstruation Sisters), Robbie Avenaim (WOG), Robin Fox, Tim O’Dwyer (Bucketrider, La Salle, Singapore), Rully Shabara Herman (Zoo), Wukir Bambu, Sonny Irawan (Sick Seek Six), Fuad Danar Sucipto (Armada Racun) dan Leilani Hermiasih.


Berkolaborasi dengan YES NO KLUB


















0 komentar:

Post a Comment